Tips Mengganti Template Blog Untuk Meningkatkan Visitor

MigiMagz - Mengganti template blog pastinya sudah biasa dilakukan oleh seorang blogger. Entah itu untuk mempercantik tampilan, meningkatkan pagespeed, meningkatkan pengunjung, atau bahkan hanya iseng mencoba template baru.
Tips Mengganti Template Blog Untuk Meningkatkan Visitor

Namun, perlu diketahui, bahwasanya sering mengganti template dapat berdampak buruk bagi blog kalian, salah satunya adalah menurunnya trafik blog sehingga kita perlu mempertimbangkannya lagi untuk mengganti template blog.

Seperti yang kita ketahui, template merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan untuk membangun sebuah blog.

Karena  dengan memilih menggunakan template yang baik/berkualitas dalam artian template tersebut responsive, memiliki struktur data yang baik dan sebagainya, dapat membuat blog kita menjadi lebih disukai google yang akhirnya dapat meningkatkan pengunjung blog, yang tentunya diiringi dengan konten yang berkualitas juga.

Baca Juga : Cara Mengecek Broken Link

Tetapi, meskipun konten atau artikelnya sudah berkualitas namun menggunakan template blog yang tidak berkualitas dalam artian tidak responsive atau bahkan membuat risih para pengunjung blog, percayalah, para pengunjung blog pastinya tidak akan betah berlama-lama di blog kita.

Oleh sebab itu, sebelum kalian memilih untuk mengganti template blog , ada baiknya untuk membaca tips-tips mengganti template berikut agar penggantian template yang dilakukan dapat berdampak positif bagi perkembangan blog kalian.

#Tips Mengganti Template Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung

1. Memilih Template Yang Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa template yang berkualitas dapat membuat blog kita lebih disukai oleh mesin pencari google yang nantinya dapat berdampak positif bagi blog.

Oleh karena itu sebaiknya jika kalian ingin mengganti template blog silahkan pilih template blog yang berkualitas. Lantas, seperti apa template yang berkualitas tersebut?

Berikut beberapa kriteria template yang memiliki kualitas baik:

a. Mobile Friendly
Pada saat ini mayoritas orang berselancar di internet dengan menggunakan smartphonenya, karena pada masa ini pengguna smartphone terus meningkat.

Oleh sebab itu untuk memilih template yang mobile friendly, dimana pada saat dibuka menggunakan perangkat seluler maka tampilan blog akan menyesuaikan atau mengikuti ukuran layar perangkat seluler.

Hal ini jelas akan membuat nyaman pengunjung blog yang berkunjung, karena mereka tidak perlu menggeser layar ke kanan maupun kekiri untuk membaca artikel blog.

Selain itu pada saat ini mobile friendly sangat menentukan ranking blog kita di hasil pencarian google.

b.Responsive
Template yang responsive akan menyesuaikan tampilannya sesuai dengan lebar layar perangkat yang mengaksesnya tanpa harus menggeser kekanan atau kekiri, tanpa perlu memperbesar atau memperkecil halaman blog.

Hal tersebut tentunya akan membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama membaca artikel blog kita.

c.Memiliki Loading Cepat
Template juga berpengaruh dengan kecepatan blog oleh karena itu pilihlah template yang memiliki loading cepat, hal tersebut dapat membuat pengunjung nyaman menjelajah blog kita karena pengunjung dapat dengan mudah mengakses tiap-tiap halaman blog.

Berbeda dengan blog yang memiliki loading lambat, pengunjung blog pasti akan merasa risih dan akan langsung keluar jika halaman masih belum termuat dalam jangka waktu lebih dari 5 detik.

2. Membackup Template Lama Sebelum Menggantinya

Sebaiknya sebelum mengganti template lama dengan template baru jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu template lama. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah melakukan pergantian template.

Dengan begitu kita dapat menggunakan kembali template lama jika terjadi hal-hal diluar dugaan yang tak terkontrol.

3. Memindah Kode-kode Penting Template Lama ke Template Baru

Sebelum mengganti template, sebaiknya pindah terlebih dahulu kode-kode penting yang ditempel pada template lama ke template baru.

Biasanya kode-kode penting tersebut terdiri dari meta tag template, meta tag facebook open graph, kode verifikasi google webmaster dan bing master serta kode alexa jika ada dan lainnya.

Kode-kode tersebut sangat penting karena kode-kode tersebutlah yang menyimpan informasi mengenai blog kita yang dapat dipahami oleh perayap google.

4.Menguji Template Baru

Sebelum menggunakan template baru, ada baiknya jika menguji template baru tersebut apakah tidak ada masalah jika digunakan.

Caranya adalah dengan menggunakan tenplate baru tersebut ke blog percobaan, silahkan kalian buat blog percobaan untuk menguji template baru tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan template dapat bekerja dengan baik alias tidak ada masalah pada tampilan dan lainnya.

5. Mengganti Template Pada Saat Jam-jam Sepi Pengunjung

Sebaiknya untuk mengganti template blog dilakukan pada saat jam-jam sepi pengunjung, karena setiap blog memiliki statistik yang berbeda beda, kalian dapat melihat statistik di google analityc untuk mengetahui jam-jam sepi blog kalian.

Hal ini bertujuan agar pada saat melakukan pergantian template tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang sedang online, jadi lakukanlah dengan cepat di jam sepi pengunjung.

6. Mengupdate Artikel Setelah Melakukan Pergantian

Setelah selesai mengganti template, usahakan untuk langsung mengupdate artikel blog agar bagian bagian penting pada blog kembali terindex oleh perayap google alias google blot.

Jadi sebelum mengganti template, usahakan untuk menyiapkan satu artikel untuk di posting setelah selesai mengganti template.

7.Konsisten Update Artikel

Setelah melakukan pergantian template biasanya akan mengalami penurunan trafik jadi usahakan untuk konsisten update artikel agar blog dapat dipercayai lagi oleh google bot.

Baca Juga : Cara Submit URL di Google Webmaster Terbaru

Kesimpulan:
Jadi, jika kalian berencana untuk mengganti template blog sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu efek pergantian terhadap blog apakah akan berdampak positif atau sebaliknya.

Namun, sebaiknya jika ingin mengganti template usahakan memilih template yang lebih baik dari template lama agar dapat meningkatkan pengunjung.

Jika template yang baru memiliki kualitas yang buruk sebaiknya kalian tidak perlu mengganti template blog lama blog kalian agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Tidak Ada Diskusi

Post a Comment

1.Silahkan tinggalkan komentar sobat jika ada yang ingin ditanyakan
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Komentar dengan pengguna tanpa nama akan dihapus karena demi kemudahan menjawab dan kesehatan blog
4. Mohon tidak komentar spam link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel